Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi akan digelar di Pontianak

Jakarta, Kemendikbud – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar kegiatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada tanggal 8 – 14 Juli 2018.

Kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas tahun 2018 ini merupakan pelaksanaan yang kedua belas (12). Kegiatan ini merupakan program tahunan dari Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan Dikmas, Direktorat Jenderal GTK. Semula pada tahun 2006 kegiatan ini bernama “Jambore 1000 Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal (PTK PNF)”, namun seiring perkembangan organisasi terjadi perubahaan nomenklatur, maka kegiatan ini diubah menjadi “Apresiasi GTK PAUDNI Berprestasi”di tahun 2010. Tahun 2016 terjadi lagi perubahan organisasi, kegiatan ini diubah lagi menjadi “Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi” hingga sekarang.

Pada penyelenggaraan tahun 2018 ini tema yang diangkat adalah “Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Karya Nyata GTK PAUD dan Dikmas”. Apresiasi tahun ini lebih memfokuskan pada penguatan karakter peserta didik.

Peserta apresiasi adalah GTK PAUD dan Dikmas berprestasi dari 34 provinsi dan berdedikasi dari 27 provinsi. Peserta yang akan mengikuti lomba tingkat nasional merupakan juara terseleksi di tingkat provinsi sedangkan untuk berdedikasi dari hasil karya terbaik (best practice) dari daerah 3T. Mereka akan berkompetisi untuk 18 kategori lomba perorangan dan 2 kategori lomba GTK PAUD dan Dikmas dengan mengembangkan konsep kegiatan yang mengandung unsur edukasi, kompetisi, dan rekreasi.

Ke-18 jenis lomba perorangan itu, yaitu Guru Kelompok Bermain /Taman Penitipan Anak/ Satuan PAUD Sejenis (KB/TPA/SPS), Instruktur Kursus Komputer, Instruktur Kursus Tata Kecantikan Rambut, Instruktur Kursus Tata Rias Pengantin, Instruktur Kursus Tata Busana, Instruktur Otomotif Teknik Sepeda Motor, Tutor Paket A, Tutor Paket B, Tutor Paket C, Tutor Pendidikan Keaksaraan, Pamong Belajar pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pamong Belajar pada UPT Pusat, Pengelola Kelompok Bermain /Taman Penitipan Anak/ Satuan PAUD Sejenis (KB/TPA/SPS), Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Pengelola Pusat Kegiatan Belajar (PKBM), Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Pengelola/Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), dan Penilik. Untuk kategori kelompok terdiri atas dua jenis yang merupakan kategori hiburan dan menuntut kekompakan serta kreativitas pesertanya yaitu Paduan Suara dan Senam Kreasi Daerah.

Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam memberikan penghargaan dan untuk meningkatkan harkat dan martabat GTK PAUD dan Dikmas, atas pengabdian, dedikasi dan prestasi mereka dalam meningkatkan kualitas PAUD dan Dikmas di Indonesia, sekaligus untuk memotivasi PTK dalam berkarya, berinovasi dan berprestasi dalam tugasnya. (Ryka Hapsari Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.