Penyusunan Makalah dan Presentasi, Dua Aspek Penting dalam OSN Bidang Ekonomi

Padang, Kemendikbud — Dua aspek penting yang dinilai dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang ekonomi yaitu penyusunan makalah dan presentasi. Peserta diberi waktu tiga jam untuk menyusun makalah, satu jam menyusun presentasi, dan tujuh menit untuk mempresentasikannya di depan tiga orang penguji.

“Pada hari pertama, peserta menyusun makalah dan tampilan presentasi dengan tema yang sudah ditetapkan panitia. Pada hari kedua ini mereka mempresentasikannya dengan waktu tujuh menit,” kata Wiji Purwanta, ketua tim juri OSN bidang ekonomi, di SMK Negeri 3 Padang Sumatra Barat, Rabu (4/7/2018).

Tim juri akan menilai makalah yang disusun peserta, teknik presentasi, dan bagaimana peserta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. “Setelah lima orang peserta selesai melakukan presentasi, tim juri akan memasukkan nilai-nilai ke sistem, jadi nanti sore rekap nilai sudah bisa selesai,” kata Wiji.

Salah seorang peserta, Ketut Redita, mengatakan dirinya berusaha semaksimal mungkin, menyusun makalah tentang pembiayaan mikro. Siswa dari SMA Negeri Balimandara tersebut mengatakan bahwa presentasi hari ini berjalan lancar dan menjawab pertanyaan tim penguji dengan baik. “Ada satu pertanyaan yang saya kurang menguasai materi tersebut, tapi tetap menjawab sebaik-baiknya,” kata Ketut.

Peserta lainnya, Hardy Salim, mengungkapkan ada sedikit kendala dalam penyusunan makalah kemarin. Ia mengaku kekurangan bahan untuk judul yang ia angkat. “Kita tidak boleh membuka internet pada saat menyusun makalah, hanya berbekal bahan-bahan yang diberikan. Namun saya tetap optimis karena sudah berusaha maksimal,” kata siswa SMAN 4 Kota Tangerang Banten tersebut.

Pada OSN XVII ini, lomba untuk bidang ekonomi dipusatkan di SMKN 3 Padang. Pelaksanaannya selama dua hari yaitu pada hari Selasa (3/7) dan hari Rabu. Pada hari Selasa, dilaksanakan ujian berbasis komputer, dan penyusunan makalah. Pada hari Rabu dilaksanakan presentasi makalah secara paralel di empat ruang dengan masing-masing diuji oleh tiga orang juri. (Nur Widiyanto)
Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/07/penyusunan-makalah-dan-presentasi-dua-aspek-penting-dalam-osn-bidang-ekonomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.