Unit Layanan Terpadu (ULT) Kemendikbud Kini Hadir di Lampung

Lampung, Kemendikbud — Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung kini memiliki Unit Layanan Terpadu (ULT). Terhitung sejak sebulan lalu, seluruh layanan di LPMP Lampung dilaksanakan satu pintu di ULT. ULT tersebut berada di lantai dasar gedung utama. Tidak sulit untuk menemukan lokasinya karena terbilang strategis. Selain itu, fasilitas keamanannya pun cukup memadai seperti CCTV atau kamera pengawas, serta adanya petugas keamanan.

Kepala LPMP Lampung, Sabli, mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menciptakan layanan publik yang prima. “Keberadaan ULT saat ini selain kami menjalankan instruksi Sekjen Kemendikbud juga sebagai peluang bagi kami untuk berkesempatan menjalin kerja sama yang lebih baik dengan pusat (Kemendikbud),” katanya saat menerima Tim ULT Kemendikbud di Ruang Sidang Kepala LPMP Lampung, Senin (6/8/2018).

Lebih lanjut ia menambahkan, adanya hubungan baik antara ULT di LPMP dan ULT di Kemendikbud diharapkan dapat mengoptimalkan arus koordinasi dan komunikasi atas segala bentuk kebijakan maupun program yang berjalan.

“Harapannya agar jika ada informasi yang valid dari pusat bisa segera disampaikan ke ULT (LPMP) agar warga di daerah tidak perlu jauh-jauh datang ke pusat hanya untuk mendapat informasi yang terpercaya,” kata Sabli.

Ia mengakui masih banyak keterbatasan terkait standar yang dimiliki saat ini. Ia menyampaikan antusiasmenya atas kehadiran Tim ULT Kemendikbud dan menginginkan agar petugas ULT di LPMP diberi pembekalan materi. “Meskipun kami tidak terpilih dalam salah satu LPMP yang menjadi pilot project, kami sangat senang dengan kehadiran Tim ULT Pusat,” tutur Sabli.

Kepala Subbagian Umum LPMP Lampung, Warsita, mengungkapkan bahwa kedatangan Tim ULT Kemendikbud membuka wawasannya untuk mengembangkan ULT di LPMP menjadi semakin baik. “Awalnya saya bingung setelah jadi ULT ini selanjutnya bagaimana, dengan asistensi ini kami memiliki gambaran dan catatan untuk segera melengkapi standar layanan yang mesti disiapkan, termasuk SP dan SOP,” kata pejabat yang merangkap Koordinator ULT itu.

Warsita mengatakan LPMP Lampung siap memfasilitasi stafnya untuk magang di ULT Kemendikbud. “Anggaran untuk peningkatan kompetensi petugas sudah tersedia, segera kami akan realisasikan,” ucapnya disambut tepuk tangan para staf yang hadir.

Kepala Sub Bagian Layanan Satuan Pendidikan Jusman Sihombing mengatakan, LPMP adalah ujung tombak layanan. “Sebagai ujung tombak, sudah semestinya mendapat perhatian dari sisi kebijakan agar mampu memberikan layanan yang efektif dan efisien bagi masyarakat,” katanya. (Denty Anugrahmawaty/Desliana Maulipaksi)

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/08/unit-layanan-terpadu-ult-kemendikbud-kini-hadir-di-lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.