Penyusunan Materi Uji Kompetensi (MUK) LSP P1 SMK Negeri 2 Sumedang

SMKN 2 Sumedang menyelenggarakan penyusunan MUK sesuai standar terbaru yang berlaku di BNSP (MAPA, MAS, MKVA) untuk Skema Sertifikasi Kompetensi Keahlian KKNI Level II. Kegiatan ini dilakukan secara Luring selama tiga hari, 3-5 November 2021 sebagai implementasi program kerja LSP P1 di tahun 2021. Pada penyusunan MUK ini melibatkan 22 orang Asesor, yang terdiri atas 4 Kompetensi Keahlian di lingkungan SMKN 2 Sumedang.


Ketua LSP P1 SMKN 2 Sumedang, Atik Rostika, S.ST, dalam sambutannya berharap dari pelaksanaan penyusunan Materi Uji Kompetensi (MUK) bisa memenuhi kebutuhan Dunia Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) sehingga dapat mengukur dengan komprehensif kompetensi peserta didik serta bisa bersaing dengan Tenaga Kerja Asing dan bisa diakui oleh industri, maka lulusan Sekolah Menengah Kejuruan harus memiliki Sertifikat Kompetensi.


Melalui kegiatan ini, para asesor yang tergabung dalam LSP P1 SMKN 2 Sumedang, terus berupaya memenuhi semua persyaratan yang diperlukan agar LSP P1 benar-benar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar, serta diharapkan mampu meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dalam pembuatan Materi Uji Kompetensi (MUK).
Materi Uji Kompetensi (MUK) yang disusun oleh para asesor ini merupakan penjabaran dari Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dari masing-masing kualifikasi jurusan.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these