Demokrasi Di Masa Pandemi, SMKN 2 SUMEDANG Sukses Menyelenggarakan Pemilihan Ketua OSIS dan Ketua MPK melalui E-Voting

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) & Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMK Negeri 2 Sumedang menyelenggarakan Pemilihan Ketua Osis dan Ketua MPK masa bakti 2021-2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 15 November 2021. Pada kesempatan ini mengangkat tema “Demokrasi Di Kala Pandemi untuk Gridas Di Kemudian Hari”. Sebelum pemilihan, ada 7 kandidat Calon Ketua Osis dan 7 kandidat Calon Ketua MPK yang berkompetisi dalam Pemilihan Ketua Osis dan Ketua MPK.

Tahapan-tahapan Pemilihan Ketua Osis & Ketua MPK dimulai dari pemilihan kandidat Calon Ketua Osis & Ketua MPK, yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Dengan Sosialiasi/kampanye melalui group WhatsApp perkelas maupun perjurusan maka para calon Kandidat Ketua Osis & Ketua MPK memaparkan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilaksanakan pada masa bakti 2021-2022.

Tidak hanya siswa, pemilihan Calon Ketua OSIS & Ketua MPK ini juga melibatkan guru dan tenaga pendidik sebagai DPT untuk menyalurkan hak pilihnya melalui aplikasi E-Voting yang dianggap menjadi pilihan tepat di masa pandemic Covid-19 seperti saat ini. Aplikasi E-Voting sendiri merupakan aplikasi berbasis web hasil karya siswa dan siswi khususnya jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang dirancang khusus agar pemilihan Ketua OSIS dan MPK dapat dilaksanakan dengan lebih efektif serta modern tanpa melupakan asas pemilu, yaitu LUBER JURDIL “Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil”.

Bapak Waka. Kesiswaan, H. Edi Sopyan S. Pd, dalam sambutannya berharap “Bapa/ibu guru, STAF Tata Usaha, juga semua warga SMK Negeri 2 Sumedang khususnya para calon ketua OSIS dan MPK bisa mempunyai rasa tanggung jawab, tanggung jawab dalam mengemban program yang dijalankan dan membantu program kerja sekolah, membantu mencapai visi dan misi SMK Negeri 2 Sumedang, yang adil, tidak diskriminasi baik secara intern di dalam anggota MPK maupun OSIS, serta bisa memilah-milih siapa saja yang bisa diajak kerja sama dan merangkul. Karena tujuan organisasi tidak akan tercapai tanpa adanya kerja sama dan juga tanggung jawab.”

“Apapun hasilnya, pastilah yang terbaik untuk masa depan dan kebaikan SMK Negeri 2 Sumedang. Kegiatan Pemilihan ini diharapkan bisa membekali siswa dalam membentuk karakter dan kecakapan untuk menjadi warga Negara yang baik, sehingga siswa tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar dan baik. Pemilihan ini diselenggarakan dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab tanpa menimbulkan konflik baik sebelum maupun setelah pelaksanaannya”, ujar Bapak Edi.

Setelah melewati suasana yang menegangkan maka terpilih dengan suara terbanyak untuk Ketua OSIS adalah nomor urut 7 yaitu Salsa Yunisa dan suara terbanyak untuk Ketua MPK adalah nomor urut 1 yaitu Norma Novalika.

Adapun rincian perolehan suara dilihat dari angka partisipasinya, dari total 1781 daftar pemilih tetap(DPT), suara yang masuk sejumlah 1679, dan suara yang tidak masuk sejumlah 102.

About the Author

2 thoughts on “Demokrasi Di Masa Pandemi, SMKN 2 SUMEDANG Sukses Menyelenggarakan Pemilihan Ketua OSIS dan Ketua MPK melalui E-Voting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these