Literasi di Tengah Pandemi

Bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021, Perpustakaan SMKN 2 Sumedang menggelar acara Puncak Bulan Bahasa 2021 diisi dengan Penganugerahan Lomba Bulan Bahasa yang diselenggarakan di bulan Oktober yang diselenggarakan oleh Perpustakaan SMKN 2 Sumedang dengan Mahasiswa Program Pengenalan Lapangan Satuan Pendidikan, program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi yang bernama Laily Rizki Meilani, Peluncuran buku antologi puisi yang berjudul Rindu Sekolah yang merupakan karya 32 siswa peserta program Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional 2021, Peluncuran website literasi sekolah yang menjadi bagian dari program GSMBN 2021, dan perpisahan dengan Mahasiswa Program Pengenalan Lapangan Satuan Pendidikan, program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi yang bernama Laily Rizki Meilani yang telah melakukan PPLSP di Perpustakaan SMKN 2 Sumedang sejak 13 September sampai 3 November 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Drs. H. Edi Supriadi, M.Pd. selaku Kepala SMKN 2 Sumedang, Bapak Andang Sumpena, S.Pd. (Wakasek Kurikulum), Bapak H. Edi Sopyan, S.Pd. (Wakasek Kesiswaan), Bapak Dadan Andana, M.Pd. (Sosialisator GSMBN 2021), Ibu Lia Rulianti Milyaria, S.Pd. (Kepala Perpustakaan), Bapak/Ibu Guru tamu undangan, serta para perwakilan siswa penulis dan peserta Lomba Bulan Bahasa 2021 dan Program Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional 2021 dan Mahasiswa Program Pengenalan Lapangan Satuan Pendidikan, program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi.

Acara Puncak Bulan Bahasa 2021 dibuka dengan pembacaan puisi oleh Nuchayati Amalia Abdillah yang membacakan salah satu puisi berjudul Lamunan Bisu yang ia tulis dalam buku antologi Rindu Sekolah. Hadirin seperti terhipnotis oleh kata demi kata yang sarat makna dalam puisi yang dibacakan oleh Nurchayati dengan penjiwaan yang tepat.

Pembawa Acara kemudian membuka secara resmi acara Puncak Bulan Bahasa 2021 dilanjutkan dengan sambutan Bapak Drs. H. Edi Supriadi, M.Pd. selaku Kepala SMKN 2 Sumedang,

Dalam paparannya, Bapak Kepala Sekolah merasa bangga akan kesuksesan dan keberhasilan Tim Literasi SMKN 2 Sumedang yang sudah bergerak selangkah lebih maju dalam berkegiatan literasi. Menurut beliau, sebelumnya belum pernah ada lomba peringatan bulan bahasa di sekolah yang tahun ini merupakan kerja sama dengan Mahasiswa Program Pengenalan Lapangan Satuan Pendidikan, program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi yang bernama Laily Rizki Meilani yang telah melakukan PPLSP di Perpustakaan SMKN 2 Sumedang sejak 13 September sampai 3 November 2021. Dan, untuk pertama kalinya pula sebuah buku karya siswa diterbitkan sebagai hasil kerja keras 32 siswa sebagai peserta Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional tahun 2021. Begitu pula dengan peluncuran website literasi sekolah yang menjadi bagian keikutsertaan SMKN 2 Sumedang dalam Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional tahun 2021. Bapak Kepala Sekolah berharap semua kegiatan tersebut akan terus berlangsung bahkan lebih baik dan ditingkatkan lagi dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Sambutan Bapak Drs. H. Edi Supriadi, M.Pd. selaku Kepala SMKN 2 Sumedang dirangkai dengan penyerahan Plakat dan Piagam Penghargaan dari Nyalanesia yang diwakili oleh Ibu Mimin Aryani, S.Pd. selaku salah seorang peserta Guru Penulis dalam Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional tahun 2021 kepada Kepala sekolah sebagai Sekolah dan Kepala Sekolah Aktif Literasi Nasional. Kemudian pemberian piagam penghargaan Kepenulisan Puisi Tingkat Sekolah Jenjang SMA/Sederajat kepada Nurchayati Amalia Abdillah sebagai Juara 1, Kania Merida Ratna Dewati sebagai Juara 2, dan Ratna Dewi sebagai Juara 3.

Acara dilanjutkan dengan aksi mendongeng Timun Mas oleh Mega Purnama Arasyi yang diikuti oleh sambutan dari Wakasek Kesiswaan yaitu Bapak H. Edi Sopyan, S.Pd.. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kebanggan dan pujian atas kesuksesan semua kegiatan dan semangat para siswa untuk ikut serta di dalamnya. Tidak lupa berharap untuk kemajuan literasi sekolah di masa yang akan datang.

Kemudian penganugerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Bulan Bahasa 2021. Untuk kategori Lomba Cipta Puisi, Juara 1 dimenangkan oleh Anjung Sari Dewi, Juara 2 diraih Nopita Sari, dan Juara 3 Herlinawati. Sedangkan Juara Favorit Lomba Cipta Puisi diraih oleh Nuranita. Untuk kategori Lomba Baca Puisi Juara 1 diraih oleh Delia Alfiany, Juara 2 Hani Nur Septiani, Juara 3 dan Juara Favorit dimenangkan oleh Herlinawati. Kategori Lomba Video Kreatif Mendongeng Juara 1 dan Favorit diraih oleh  Mega Purnama Arasyi, Juara 2 Kayla Vita Safitri, dan Juara 3 Siti Hoerunnisa. Penganugerahan hadiah ditutup dengan aksi memukau pembacaan puisi oleh Delia Alfiany dan Anjung Sari Dewi.

Acara selanjutnya adalah sambutan perpisahan  oleh Bapak Bapak Andang Sumpena, S.Pd. selaku Wakasek Kurikulum SMKN 2 Sumedang dan pemberian cinderamata kepada Laily Rizki Meilani, Mahasiswa Program Pengenalan Lapangan Satuan Pendidikan, program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi. Bapak Andang menyampaikan salam perpisahan dan ucapan terima kasih atas kinerja yang sangat baik ditunjukkan oleh Laily Rizki Meilani selama menjalankan Program Program Pengenalan Lapangan Satuan Pendidikan, program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Pendidikan Indonesia.

Gayung pun bersambut, pembawa acara memberikan kesempatan kepada Laily Rizki Meilani untuk memberikan salam perpisahan. Laily menyampaikan kesan yang sangat mendalam selama menjadi mahasiswa PPLSP bahkan sebagai alumni yang pernah  menjadi siswa SMKN 2 Sumedang. Ia merasa bangga bisa tumbuh dan berkembang di sekolah yang ia cintai tersebut.

Sambutan terakhir oleh Bapak Dadan Andana, M.Pd. sebagai Sosialisator Program Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional tahun 2021. Menurutnya, Program GSMBN ini adalah salah satu gerakan yang digagas oleh Nyalanesia dengan founder-nya yang bernama Lenang Manggala sebagai salah satu organisasi penggerak literasi nasional. Nyalanesia adalah sebuah platform integratif yang memfasilitasi Pelajar, Pengajar, dan Pengkarya untuk menerbitkan buku, meningkatkan kompetensi,  prestasi, serta kesejahteraan hidupnya, melalui program-program literasi yang dikembangkan secara berkelanjutan.

Seperti yang disampaikan Lenang Manggala dalam tulisannya di buku antologi rindu Sekolah, Nyalanesia hadir untuk mendorong terciptanya ekosistem literasi dan pendidikan di Indonesia yang lebih bermakna dan berkemerdekaan. Program Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional adalah program yang mendorong, melatih, dan memfasilitasi para siswa dan guru-guru di Indonesia untuk berbagi cerita dalam buku terbitan antologi bersama. Program ini tidak dirancang untuk sekadar melahirkan para penulis dengan karya yang melegenda tapi program ini dibuat dengan sepenuh hati, sebagai serangkaian upaya nyata: untuk menyediakan ruang berekspresi dan menemukan jati diri bagi mereka.

Lebih jauh Pak Dadan mengucapkan selamat atas peluncuran buku antologi puisi Rindu sekolah yang berisi 50 puisi karya terbaik siswa SMKN 2 Sumedang. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri mampu hadir dan berdiri di tengah para penulis berbakat yang menyampaikan isi hati lewat bait dan baris puisi di tengah pandemi yang melanda dunia. Pak Dadan menutup sambutannya dengan mengajak semua yang hadir untuk terus berkarya apapun jalan yang dipilih masing-masing.

Acara Puncak Bulan Bahasa 2021 SMKN 2 Sumedang diakhiri dengan pembacaan doa oleh Bapak Andang Sumpena, S.Pd. dilanjutkan dengan berfoto bersama.

Sumedang, 15 November 2021

Neng Yayas Ismayati, M.Pd.

Koordinator GSMBN 2021 SMKN 2 Sumedang

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these