Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Kabupaten Sumedang

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Rekayasa Perangkat Lunak SMK Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2022 telah di gelar pada tanggal 27 Juni 2022 yang bertempat di SMK Informatika Sumedang. Adapun bidang lomba LKS RPL ini adalah IT Software, Teknik Desain Laman, dan Desain Grafis.

Dalam kegiatan tersebut, SMK Negeri 2 Sumedang ikut berpartisipasi dengan mengirimkan 6 siswanya untuk mengikuti beberapa bidang lomba, yang dibimbing oleh Bapak Ibu guru RPL yaitu, Ibu Dwi Arin Fajriyani, S.Kom., Ibu Shanti Hendraningsih, S.Pd., dan Bapak Renra Noviana, S.Pd. Adapun bidang lomba yang diikuti oleh jurusan RPL SMKN 2 Sumedang, diantaranya adalah:

  1. Bidang IT Software, yang diwakili oleh Anisa dari kelas XI RPL 3 dan Muhammad Azfa Salman Akbar dari X RPL 1. Bidang lomba ini berkaitan dengan upaya peserta dalam memodifikasi sistem yang ada atau membuat sistem baru. 
  2. Bidang Desain Laman, yang diwakili oleh Nurchayati Amalia Abdillah dari kelas XI RPL 1 dan Aisyah Nur Fadillah dari X RPL 4. Bidang lomba ini berkaitan dengan kemampuan konten website dan website programming. Kegiatan lomba yang dilaksanakan merupakan satu kesatuan yang utuh, mengacu pada praktek siswa dalam kemampuan desain, deskripsi konten dan kemampuan pemograman website.
  3. Bidang Desain Grafis, diwakili oleh Ririn Rindiyani dari kelas XI RPL 2 dan Hafiz Haekal dari X RPL 2. Bidang lomba ini berkaitan dengan pemahaman peserta terhadap sketsa ide, perwujudan ide, hingga proses perancangan desain dengan menggunakan alat bantu komputer dan perangkat lunak pengolah grafis.

Berkat kerja keras TIM LKS tersebut akhirnya SMK Negeri 2 Sumedang berhasil meraih juara di beberapa bidang lomba yang diikutinya. Adapun hasil dari lomba LKS tersebut adalah sebagai berikut :

*Juara IT Software*

  1. SMKN 1 Sumedang
  2. SMKN Sukasari
  3. SMKN 2 Sumedang

*Juara Desain Laman*

  1. SMK Informatika
  2. SMKN 2 Sumedang
  3. SMK Informatika

*Juara Desain Grafis*

  1. SMK Informatika
  2. SMK Yadika
  3. SMK Korpri

Dari hasil tersebut walaupun TIM LKS SMKN 2 Sumedang belum berhasil mendapatkan juara 1, namun tidak menyurutkan semangat para siswa dan juga pembimbing untuk terus berupaya mengoptimalkan semua potensi diri untuk terus mengharumkan nama SMKN 2 Sumedang. Apapun hasilnya semoga menjadi satu pengalaman yang bermakna sehingga bisa meningkatkan wawasan, pengalaman dan potensi para siswa SMKN 2 Sumedang.

Bagikan postingan

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these