Pengajian dan Gebyar 10 Muharram SMKN 2 Sumedang

Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) merupakan hari yang ditentukan oleh pemerintah sebagai peringatan yang di berlakukan secara nasional dengan demikian semua siswa harus mengikuti pelaksanaanya di sekolah sebagai wujud dari kepatuhan terhadap peraturan di Indonesia. Mayoritas umat islam di Indonesia perlu menyadari bahwa selain PHBN terdapat hari besar Islam yang harus pula di peringati atau dirayakan sebagai wujud dari kesyukuran dan sarana untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada sang pencipta, pemilik alam semesta Allah subhanahu wata’ala yaitu Peringatan hari Besar Islam (PHBI).

Beberapa hari besar islam adalah isra’ mi’raj, Maulid nabi muhammad sallahu’alahiwassalam, 10 muharram/Tahun baru islam, idul fitri, idul adha dan hari besar lainnya. Upaya tersebut selain sebagai bentuk nilai syiar kepada masyarakat juga sebagai bentuk edukasi kepada siswa di sekolah untuk mengingatkan dan memberikan pastisipasi dalam hari besar tersebut untuk sama-sama dapat menaknai perjalanan dakwah rasulullah yang saat ini masih kita rasakan sebagai umat yang mengharapkan syafaat beliau untuk dapat mengambil bagian sebagai penerus perjuangan dakwah beliau sampai akhir hayat dengan prinsip tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat artinya mulai dari kecil sampai kembali ke pada Allah. Sampaikan walau pun hanya satu ayat merupakan estafet dakwah rasullah harus terus di sampaikan kepada umat manusia di bumi. Artinya semua manusia khususnya umat islam baik laki-laki maupun perempuan adalah da’i dan da’iah penyebar agama yang diridhoi Allah subhanahu wata’ala.

Dari paparan mengenai PHBI pada tanggal 9 Agustus 2022 bertepatan dengan Bulan Muharram, Tercetuslah ide untuk mengusulkan suatu kegiatan dalam rangka mengisi kekosongan PHBI tersebut dengan kegiatan perlombaan dalam bidang keagamaan yaitu lomba dakwah, lomba Olimpiade PAI, lomba Kaligrafi, lomba busana muslim yang akan di laksanakan, dalam rangka menyambut 10 Muharram tahun 1444 hijriyah yang bertepatan tanggal 30 juli 2022. Kegiatan yang diusulkan dari perbincangan tersebut antara lain perlombaan Dakwah sebagai cikal bakal kemampuan ceramah agama bagi siswa. Olimpiade PAI Mengasah kemampuan siswa dalam pengetahuan agama. Kaligrafi sebagai cikal bakal Khatil Qur’an. Busana muslim untuk melihat antuasiasme dan kesiapan berkompetisi.

Beberapa kegiatan yang direncanakan diharapkan mampu memberikan gambaran kedepan tentang apa saja kegiatan yang harus di laksanakan pada tingkat-tingkat sealanjutnya serta inovasi-inovasi apa yang dapat di lakukan untuk membuat kegiatan yang sama agar lebih meriah. Selain itu juga untuk mengetahui kesiapan mental dan keberanian siswa dalam tampil di depan umum sebagai persiapan untuk diterjunkan di lingkungan sekolah.

Kegiatan yang dilaksanakan di SMKN 2 SUMEDANG juga merupakan upaya untuk memupuk jiwa kebersamaan, kekeluargaan, kepedulian terhadap sesama, religius, disiplin, tangguh, mandiri, bertanggung jawab, patriotisme, nasionalisme dan lain-lain.

Eratkan Ukhuwah, Perbanyak Ibadah

Bagikan postingan

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these