PANEN KARYA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMK NEGERI 2 SUMEDANG

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMK Negeri 2 Sumedang sudah mulai berjalan dengan baik. Kurikulum merdeka mulai diterapkan di kelas X sejak tahun ajaran 2022/2023. Sedangkan untuk kelas XI dan XII, kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum 2013. Salah satu ciri khas atau inti dari konten kurikulum merdeka adalah pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Untuk pelaksanaan kegiatan P5 ini, siswa yang dilibatkan bukan hanya kelas X, akan tetapi ikut diimbaskan juga kepada kelas XI dan XII.

Tema yang diambil untuk P5 di SMKN 2 Sumedang adalah Gaya Hidup Berkelanjutan dan dilaksanakan dalam rentang waktu 3 bulan. Sistem penjadwalannya sendiri adalah dengan menggunakan sistem Blok mingguan yang dilaksanakan setiap hari jumat.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam tema Gaya Hidu Berkelanjutan diantaranya :

  1. Pemberian materi mengenai Beauty Class dan Pengolahan Sampah
  2. Sosialisasi rabu menabung
  3. Operasi Semut sekitar lingkungan sekolah
  4. Kegiatan menghias dan merawat kelas
  5. Sosialisasi mengenai bahaya narkoba dan pergaulan bebas
  6. Seminar beauty with emina
  7. Pembuatan poster, kaligrafi dan menghias tempat sampah
  8. Tari dan Nyanyian Profil Pelajar Pancasila

Jum’at, 28 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, SMK Negeri 2 Sumedang melaksanakan kegiatan Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan tersebut bertujuan agar menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Kegiatan tersebut diawali dengan semua guru, staf tata usaha, siswa siswi melaksanakan Upacara Bendera untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Setalah itu dilanjutkan dengan Acara pembukaan Panen Karya oleh Kepala Sekolah, dan di hadiri juga oleh seluruh guru dan staf Tata Usaha.

Dilanjutkan dengan berbagai kegiatan penilaian design kelas, tempat sampah serta fashion show tempat sampah oleh dewan juri dari Tim P5 dengan disaksikan oleh semua warga sekolah.

Acara puncaknya dari panen karya ini di buka dengan pertunjukan tari tradisioal dari berbagai kota oleh perwakilan siswa kls X dan XI

Setelah acara pembukaan, setiap kelas menampilkan Tari Pelajar Pancasila dengan kreasi siswa masing-masing yang sebelumnya mereka sudah berlatih terlebih dahulu serta dengan menyanyikan lagu Pelajar Pancasilanya. Untuk urutan penampilannya, di bagi menjadi dua bagian yaitu antara kls X dan XI.

Rangkaian penampilan tari pelajar pancasilanya selesai pada pukul 11.30 Wib, dan pengumuman untuk pemenang nya pada pukul 13.00 Wib. Dengan rincian pemenang nya untuk kls X sebagi berikut :

  1. Kelas Terapih dan Terbersih                          : X AKL 1
  2. Kelas Terlengkap Perlengkapan Kelas           : X MPLB 4
  3. Kelas Terkreatif Menghias Ember                  : X PPLG 1
  4. Kelas Terkreatif Membuat Poster                   : X PM 2
  5. Kelas Terkreatif Menabung                            : X AKL 3
  6. Tari Pelajar Pancasila                                     :
    • Juara I                      : X PPLG 1
    • Juara II                    : X AKL 1
    • Juara III                   : X MPLB 2
    • Juara Harapan I       : X AKL 2
    • Juara Harapan II      : X AKL 4
    • Juara Harapan III  : X PM 3

Untuk Rincian Pemenang Kelas XI yaitu :

  1. Kelas Terapih dan Terbersih                          : XI OTKP 1
  2. Kelas Terlengkap Perlengkapan Kelas           : XI AKL 3
  3. Kelas Terkreatif Menghias Ember                  : XI RPL 2
  4. Kelas Terkreatif Membuat Poster                   : XI OTKP 4
  5. Kelas Terkreatif Menabung                            : XI OTKP 4
  6. Tari Pelajar Pancasila                                     :
    • Juara I                      : XI AKL 2
    • Juara II                    : XI OTKP 3
    • Juara III                   : XI RPL 3
    • Juara Harapan I       : XI RPL 4
    • Juara Harapan II      : XI BDP 1
    • Juara Harapan III    : XI AKL 3
Bagikan postingan

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these