Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

PengertianKarirPengajarTeaching Factory

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) adalah salah satu Kompetensi Keahlian (Jurusan) yang mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations. Mayoritas lulusannya bekerja di lingkungan perkantoran dengan peran diantaranya menjaga kelancaran operasional kantor sehari-hari termasuk bertindak sebagai perantara dari karyawan dan pimpinan perusahaan ataupun dengan pihak di luar kantor.

  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola dokumen kantor sesuai standar operasional prosedur untuk mendukung tugas pokok organisasi

  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan baik didalam maupun diluar organisasi dengan memperhatikan etika dan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat.

  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola agenda kerja dan agenda perjalanan dinas pimpinan untuk ketertiban dan kemajuan organisasi

  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan memberikan pelayanan prima kepada pelanggan organisasi dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan pelanggan

  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan pengelolaan dana kas kecil di dalam organisasi sehingga dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

  • Lulusan dapat bekerja di kantor dan menduduki jabatan dalam bidang apapun baik dalam industri dan perusahaan maupun lembaga pemerintahan sebab bidang administrasi merupakan bagian utama yang ada didalam suatu organisasi

  • Lulusan juga dapat menjadi seorang wirausaha yang sukses dalam bidang usaha Event Organizer (EO) dan Master of Ceremonial (MC) sebab lulusan dibekali kemampuan pengelolaan organisasi dan administrasi serta kemampuan berkomunikasi secara lisan baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

  • Ruang lingkup bidang keilmuan administrasi yang luas, tidak hanya dilakukan secara manual namun juga secara digital menggunakan teknologi komputer komputer sehingga lulusan mampu melaksanakan pekerjaan dengan lebih baik berbekal kemampuan mengoperasikan komputer khususnya aplikasi Microsoft Office dengan mahir

  • Kemampuan dalam membuat dan mengelola surat berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris serta dokumen elektronik, baik surat dinas maupun surat bisnis dengan memperhatikan kaidah penulisan yang terstandar dan diakui dunia usaha dan dunia industri.

  • Memiliki kepribadian yang ramah serta modis dalam berpenampilan menjadi bagian dari kompetensi dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan organisasi ataupun perusahaan.

Ketua Kompetensi Keahlian

Kurikulum

  • Teknologi Perkantoran

  • Korespondensi

  • Kearsipan

  • Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian

  • Otomatisasi Tata Kelola Keuangan

  • Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana

  • Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan

  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan